Senin, 27 Agustus 2012

Pendataan Dikdas! why not

Di awal ajaran baru semester operator sekolah mulai sibuk menyiapkan data yang di butuhkan dan mulai input data awal atau ada yang sebagian mengupdate data siswa, di sisi lain tim pengembang aplikasi pendataan sibuk menyelesaikan bugs yang selalu muncul dari setiap versi yang di release ataupun menambah fitur yang baru. Akhirnya di awal bulan Agustus ini tim pengembang aplikasi pendataan telah merilis aplikasi pendas versi 1.13.0.1 yg konon versi final di tahun 2012 ini.

Gimana sekolah anda? apakah masih ada kendala? atau pentingkah bagi sekolah?
saat ditulis, progres nasional masih 12,77%, sedangkan target awal nasional bulan akhir September 2012, saat ini malah mundur awal bulan Oktober 2012. Melihat kondisi ini hampir mustahil target ini tercapai dengan kondisi progres harian nasional masih < 2% per hari, dalam waktu kurang dari 2 bulan.

Pentingkah bagi pendataan dikdas ini? yap, jawabannya pasti penting menurut kemdikbud, sekolah? Bagi sekolah selain pendataan ini bernilai ekonomi (BOS, tunjangan guru, DAK, BSM, etc) pendatan ini juga membantu guru dan tata usaha menginventarisasi data sekolah, karena entitas yang ada cukup mewakili seluruh komponen sekolah.

Kendala yang umum terjadi dan cukup merepotkan biasanya;
1. informasi yg kurang jelas (bisa dilihat di forum pendataan)
2. kurang tersedianya data softcopy (file xls, xlsx, csv, dll)
3. stanlone (masih byk operator yang bersifat supermen, ingat dua kepala lebih baik dari satu kepala)

so, why not...sebarkan, input n upload n update regularly (karena data memiliki usia)

untuk tim pengembang aplikasi, aplikasi ini masih bersifat sekunder bagi sekolah, karena bersifat external belum dapat di jadikan aplikasi administrasi sekolah akhirnya menjadi beban sekolah. Ke depan di harapkan pendataan terintegrasi dengan aplikasi berbasis sekolah layaknya pas smp.

by. refi af
Unduh Adobe Flash player